Home ARTIKEL Polemik Pembelajaran Online di Masa Pandemi

Polemik Pembelajaran Online di Masa Pandemi

264
0

“Polemik Pembelajaran Online di Masa Pandemi Corona”

Oleh : Harum Anggina Ritonga

Apasih itu covid-19? Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu sars-cov-2, yang di laporkan pertama kali di wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2020.penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona,sebagian beaar orang yang tertular akan mengalami gejala ringan hingga sedang. Sebab dari penyebaran covid-19 di seluruh dunia,banyak aktivitas yang dihentikan seperti perusahan, pabrik dan sekolah.

Semua kegiatan di rumahkan yang paling berdampak pada ekonomi masyarakat menurun drastis. Kegiatan belajar mengajar di hentikan oleh pemerintah negara dan muncul pembelajaran secara online dari sini muncullah sebuah polemik di masyarakat banyak terumata para orang tua siswa.

Dari pembelajaran banyak masalah seperti siswa yang tidak memiliki hp android, uang untuk membeli paket dan banyak lagi polemik yang muncul di masyarakat. Semenjak dikeluarkannya surat edaran kepada Lembaga Pendidikan untuk melaksanakan sistem belajar online di rumah terkait dengan pencegahan Virius Corona.

Tanggapan kpai mengenai pembelajaran online

1. Terima banyak keluahan

2. Kuota internet jadi masalah

3. Beban tugas anak berat

4. Memberikan makukan pada pemerintah tentang pembelajaran online

5. Minta gratis kan internet

6. Minta jam belajar di kurangi

Dari banyak polemik yang muncul ada juga manfaat pembelajaran online ini seperti orang tua dapat mengontrol anak di rumah, mengajak anak mengobrol dan banyak lagi manfaat pembelajaran online ini.

Jadi kita sebagai orangtua dan yang mengunakan media sosial harus dapat menyikapi segala hal dengan baik dan benar. Kerugian-kerugian yang terjadi akibat pandemi memang sangat banyak, dan sudah dirasakan di seluruh kalangan masyarakat.

Kendati begitu, ada sisi yang bisa diambil sebagai pelajaran berharga khususnya di dunia pendidikan, yang bisa saja membuat kuliah online sebagai new normal setelah pandemi.“Pandemi memberikan dampak yang begitu besar, tapi kita bisa melihat dari sisi positifnya. Seperti dosen kita kini sudah bisa dan mau mengajar online melalui platform seperti Microsoft Teams, Zoom, My Klass dan sebagainya, begitupun mahasiswa.

Nantinya belajar online akan menjadi kebiasaan baru (New Normal) untuk diterapkan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here