Home Entertainment Temui Menteri Agama, PP IPNU Siap Kawal Moderasi Agama di Madrasah dan...

Temui Menteri Agama, PP IPNU Siap Kawal Moderasi Agama di Madrasah dan Sekolah

264
0
Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi Dan Aswandi Jailani Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU

Jakarta, PP IPNU

Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) menemui Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/7).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PP IPNU Aswandi Jailani menyampaikan kesiapan seluruh kader dan anggota IPNU dalam mengawal moderasi beragama di lingkungan pendidikan agama Islam dan bimbingan masyarakat Islam.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Fachrul pada Kemah Pemuda Lintas Paham Keagamaan Islam di Hotel Aryaduta, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (6/11), bahwa tak sedikit pelajar di Indonesia mendukung aksi radikalisme berbasis agama.

Hal tersebut tentu saja mengkhawatirkan. Karenanya, PP IPNU memiliki lima program unggulan yang salah satunya adalah pemantapan ideologi dalam rangka pengawalan moderasi beragama di kalangan pelajar.

Konsep program ini, terang Aswandi, mengintegrasikan antara ideologi keislaman (Ahlussunah wal Jamaah) dengan ideologi kebangsaan (Pancasila).

Program ini, lanjutnya, bertujuan mengkampanyekan Islam yang moderat, Islam yang ramah dan Islam rahmatan lil alamin. “Kegiatan berupa pendidikan dan pelatihan serta pendampingan untuk menjadi volunter milenial cinta toleransi,” katanya.

Pertemuan PP IPNU dengan Menteri Agama berlangsung akrab di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, pada Rabu (22/7/2020).

Di samping itu, Aswandi juga menyampaikan perlunya kehadiran IPNU sebagai upaya mendampingi organisasi Rohani Islam (Rohis) yang menurut beberapa survei menjadi sarang radikalisme. PP IPNU berharap kepada Kemenag agar mengizinkan pembentukan komisariat IPNU di sekolah dan madrasah sebagai syiar moderasi beragama.

“Selama ini pembinaan pendidikan agama Islam pada sekolah dan madrasah hanya terpaku pada keberadaan rohis,” ujarnya.

Selain itu, PP IPNU juga mendesak Kemenag untuk segera membuat regulasi tentang Rohis, dan IPNU siap diajak untuk merumuskan regulasi tersebut.

Menanggapi tawaran tersebut, Menteri Agama Fachrul Razi menyambut gembira dan bangga dengan kesiapan pengurus, kader, dan anggota IPNU dalam mengawal moderasi beragama. Ia berharap Kemenag dapat menjalin sinergi dengan IPNU.

“Apa yang disampaikan IPNU merupakan hal yang sama yang lagi menjadi fokus Kementerian Agama yaitu moderasi beragama, sehingga ini bisa gayung bersambut,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pembinaan Rohis, pihaknya menyampaikan akan segera dikonsultasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here