Beranda ORGANISASI PC GP Ansor Labusel Gelar Diklatsar Banser Bentuk Dari Upaya Menangkal Radikalisme

PC GP Ansor Labusel Gelar Diklatsar Banser Bentuk Dari Upaya Menangkal Radikalisme

29
0

Sahabatnews.com-Labusel Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Labuhan Batu Selatan gelar Pendidikan dan Latihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna (Diklatsar Banser) di Yayasan Al-Hidayah Desa Teluk Panji IV Kec. Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhan Batu.

Ketua PC GP Ansor Labusel Hendra Panjaitan mengatakan dalam sambutannya Diklatsar dapat memperteguh Islam Ahlussunah wal Jamaah an-Nahdliyah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, apalagi mereka kader harapan di masa mendatang.

“Siapa saja yang ingin menjadi anggota Banser harus ikhlas, sehingga bisa memberikan pengabdian bagi agama, bangsa dan negara,” ucapnya.

Ia berharap para peserta dapat menyerap materi yang telah diberikan selama tiga hari baik saat di dalam ruangan maupun olah fisik. Usai Diklatsar Banser, mereka diharapkan menjadi kader berkualitas.

Panitia Penyelenggara Diklatsar Banser, Herianto mengatakan kegiatan ini ditutup pada Minggu (14/3) dari sebanyak 60 peserta, yang dinyatakan lulus 42 peserta.

Menurut dia sebanyak 18 peserta dinyatakan tidak lulus karena beberapa faktor, yakni ada yang tidak registrasi ulang atau tidak hadir, ada pula yang tidak menyelesaikan diklat karena tidak kuat secara fisik atau halangan lainnya.

Ia menuturkan awalnya ada 96 lebih pendaftar, kemudian dilakukan seleksi administrasi yang lolos hanya 70 peserta, kemudian saat pelaksanaan yang daftar ulang ada 60 peserta, dan lulus sampai akhir 42 peserta.

Ia mengatakan kewenangan memberikan predikat lulus dan tidak lulus, pada tim Skolat Pelatih Diklatsar yang dibentuk oleh Satuan Koordinasi Wilayah dan Satkorcab Banser Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

“Kami dari panitia sifatnya hanya memfasilitasi dan merekrut calon peserta, selebihnya itu wewenang pelatih termasuk yang memutuskan peserta lulus dan tidaknya,” ujarnya.

Selama Diklatsar, katanya peserta diajarkan beberapa materi, antara lain ke-NU-an, ke-Ansoran, ke-Banseran, Bela Negara, PBB, pengaturan lalu lintas, militansi serta wawasan kebangsaan.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bendahara Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Utara yakni Edy Harahap serta di hadiri oleh Ketua PC NU Labusel Makmur Ismail Harahap, Satkorwil Banser Sumut M. Rasyid Ibrahim Nasution, dan Pimpina Yayasan Al-Hidayah yang juga sebagai Mustasyar PC NU Labusel Abah Kiyai M. Azhari.

Dalam sambutannya Ketua PC NU menyambut baik dan berjanji untuk selalu mensupport kegiatan kegian GP Ansor Labusel, menurut nya NU dan bangsa Indonesia berharap besar kepada GP Ansor untuk terus mengawal NKRI dan Islam ahlusunah waljama’ah serta terus menjadi mesin untuk mencetak kader-kader kebanggaan agama dan negara.(Red/Min)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here