Beranda Politik Pelantikan Pejabat Di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara Terkesan Dipaksakan.

Pelantikan Pejabat Di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara Terkesan Dipaksakan.

569
0

SAHABATNEWS.COM-MEDAN Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sumatera Utara, Drs H Syahrul Wirda, MM baru saja melantik 13 pejabat administrator di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara pada Rabu, 06 Januari 2021 kemarin.

Sayangnya pelantikan itu disebut-sebut bertentangan dengan Surat Menteri Agama Tindak lanjut KepMENPAN RB, terkesan sangat dipaksakan dan diduga cacat hukum karena jelas telah melanggar PP Nomor 99 Tahun 2000 sebagaimana telah di ubah PP Nomor 12 Tahun 2002 pasal 33 tentang Kenaikan Pangkat PNS, “Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat lebih rendah tidak boleh membawahi Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat lebih tinggi, kecuali membawahi Pegawai Negeri Sipil yang menduduki jabatan fungsional tertentu”.

Selanjutnya, Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Drs H Syahrul Wirda, MM juga dinilai asal-asalan dalam menempatkan pejabat di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara tanpa melihat aturan dan latar belakang pendidikan pejabat yang dilantik, salah satunya penempatan Erwin Pinayungan Dasopang sebagai Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara.

Menyikapi hal ini, Dannil Sitorus Pane Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Baru Anti Korupsi (GEBAK) sangat menyayangkan keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara, menurutnya “Kakanwil Kemenag Sumut harus selektif  dalam bekerja, menempatkan pejabat berdasarkan analisa jabatan, loyalitas, integritas dengan berbagai pertimbangan lainnya, kalau dinilai tidak mampu, kenapa harus dipakaskan, agar tidak terjadi kesalahan administratif dalam proses pemindahaan jabatan itu. Sehingga keputusan itu menjadi tidak sah atau cacat secara yuridis,” jelasnya kepada wartawan saat di temui di salah satu cafe di seputaran komplek MMTC Pancing (Kamis,7/1/2021).

Dengan di tempatkannya Erwin Pinayungan Dasopang sebagai Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara menggiring opini publik, ada apa ini ?, karena Erwin Pinayungan Dasopang diketahui baru saja di lantik sebagai JPT Keuangan tgl 23 Desember 2020. Ini bertentangam dengan Surat Menteri Agama Tindak lanjut KepMENPAN RB, kemudian Golongan dan pangkatnya baru III/d sementara kasi-kasinya sudah golongan. IV/a sesuai dengan PP no 12 tahun 2002 Tentang perubahan atas PP no 99 tahun 2000 Tentang Kenaikan Pangkat PNS, dan dia Bukan berlatar belakang Pendidikan dimana pejabat dituntut harus sesuai  dan memiliki Kompetensi di bidangnya.

“Bagaimana mungkin dia dapat mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi yang telah diamanatkan jika penempatan pejabatnya terkesan dipaksakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Di umur Kementerian Agama yang memasuki ke-75 tahun, Kakanwil Kemenagsu mewujudkan Kementerian Agama dengan semangat baru sesuai dengan pesan Menteri Agama dengan motivasi tinggi untuk mempedomani, semangat Kementerian Agama harus meliputi peningkatan pelayanan dan tata kelola birokrasi termasuk pelayanan haji dan umroh, pendidikan keagamaan, dan kemudian moderasi beragama melaui penguatan interaksi keagamaan, literasi keragaman, dan menjaga kerukunan umat beragama, baik intern, antarumat beragama, dan antarumat beragama dengan pemerintah,” Sambung Dannil Sitorus yang juga merupakan pimpinan redaksi media online sahabatnews.com.

Sayangnya terkait hal ini Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sumatera Utara, Drs H Syahrul Wirda, MM belum bisa menjawab saat di konfirmasi melalui pesan whatsappnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here