Beranda AGAMA Terkait Keberangkatan Haji, Kakanwil Kemenagsu: Sinergi DPR-Kementerian Agama Terus Berjalan

Terkait Keberangkatan Haji, Kakanwil Kemenagsu: Sinergi DPR-Kementerian Agama Terus Berjalan

69
0

Sahabatnews.com-Padangsidimpuan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM mengatakan sampai saat ini pemerintah melalui Kementerian Agama RI bersama Anggota DPR Komisi VIII terus berupaya bekerja maksimal perihal keberangkatan haji dan umrah pascadibatalkannya keberangkatan 2 tahun terakhir. Untuk itu, Kakanwil berharap kepada KBIHU, ormas, kelompok masyarakat, tokoh agama, Kementerian Agama kab/kota untuk menyampaikan informasi terkini kepada masyarakat terkait haji dan umrah.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil pada gelaran Diseminasi Terkait Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 2021 bersama Anggota Komisi VIII RI Dra. Hj. Delmeria Harun Sikumbang, dan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama RI H. Saiful Mujab, MA melalui virtual, Kamis (14/10) di Hotel Sitamiang Padangsidimpuan.

“Pembatalan haji 2 tahun terakhir bukan karena kehendak pemerintah apalagi tanpa alasan. Kondisi kehidupan kita saat terjadi pandemi menjadi faktor utama dan itu juga atas komunikasi seluruh pihak, baik pemerintah, dpr, dan negara Arab Saudi. Maka dari itu, mari kita sampaikan terus menerus kepada masyarakat. Saat ini, pemerintah dan DPR terus berupaya semaksimal mungkin untuk keberangkatan tahun depan, ” kata Kakanwil Kemenagsu.

Kakanwil mengatakan bahwa berangkat haji bukan sekedar kesiapan finansial dan fisik. Kakanwil mengatakan hal yang paling utama adalah kenyamanan dalam beribadah.

“Arab Saudi juga sangat berhati-hati menerima warga asing masuk ke negaranya. Dan itu faktanya, bukan negara kita saja yang dilarang, tapi negara lain juga. Kenyamanan beribadah menjadi prioritas. Makanya kemarin Arab Saudi masih belum menerima semua negara masuk,” tambah Kakanwil.

Kakanwil juga menyampaikan apresiasinya kepada DPR yang menerima aspirasi dan menyampaikan kondisi yang terjadi kepada masyarakat secara luas sehingga diharapkan output kegiatan ini bisa terus menerus disampaikan kepada masyarakat.

Kakanwil juga mengatakan jangan saling ada yang menyalahkan. Apalagi sampai tersebar kabar hoax yang menyudutkan pemerintah khususnya terkait haji. Mencari informasi sedetail mungkin itu perlu. Sehingga kita tidak menyalahkan pihak terutama pemerintah. Karena faktanya pemerintah terus berupaya bekerja dengan maksimal. Maka, perlu sinergitas seluruh pihak. Mari sama-sama kita berdoa agar kondisi menjadi lebih baik, ” Kata Kakanwil.

Kegiatan Diseminasi dihadiri 100 peserta dari berbagai unsur se Kab. Tapanuli Selatan, (Red/Hum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here