Home ARTIKEL Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kegiatan Peribadahan di Masjid Al-Falaah

Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kegiatan Peribadahan di Masjid Al-Falaah

371
0

Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Peribadahan di Masjid Al-Falaah

Muhammad Aqil AbdillahMahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Munculnya pandemi covid-19 di indonesia pada awal bulan maret 2019 membuat masyarakat indonesia resah bahkan masyarakat dunia pun ikut panik terhadap wabah pandemi ini. Berawal dari terinfeksinya dua warga indonesia sehingga membuat pemerintah harus lebih ekstra keras dalam penanganan covid-19 ini. Diketahui bahwa dua warga indonesian tersebut adalah seorang ibu dan anak yang bertempat tinggal di depok.

Kejadian ini tentunya membuat masyarakat indonesia harus lebih waspada terhadap pandemi ini. Maka dari itu pemerintah membentuk gabungan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 RI.  Dimana bertujuan menangani masyarakat yang terpapar covid-19 dan juga masyarakat harus lebih berhati- hati dalam setiap kegiatan sehari- harinya. Bukan hanya itu saja, dalam hal penanganan pandemi ini pemerintah dan masyarakat harus sinkron untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Di indonesia sendiri sudah banyak masyarakat indonesia yang terinfeksi corona virus, dan disini pemerintah dan pihak medis harus siap siaga menghadapi pandemi ini. Pemerintah menganjurkan agar masyarakat indonesia tetap mengikuti protokoler kesehatan yaitu stay at home, social distancing ( jaga jarak), menggunakan masker dan menghindari keramaian. Ini adalah salah satu langkah dari pemerintah dalam hal pemutusan mata rantai penyebaran covid-19.

Pemerintah sendiri juga menghimbau agar masyarakat indonesia tidak panik dan tenang dalam situasi pandemi ini. Pemerintah pusat menginformasikan ke pemerintah daerah agar mengikuti himbauan pemerintah pusat dan  mensosialisasikan ke tiap- tiap mesjid untuk selalu mengikuti protokoler kesehatan. Yaitu di tempat tinggal saya berada tepatnya di Masjid Al- Falaah Jl. Ibrahim Umar Gg Sado No.03 Kel. Sei kera hilir, Kec. Medan Perjuangan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. pihak Bkm menghimbau kepada jama’ah agar mengikuti protokoler kesehatan. Hal yang sudah di lakukan seperti menggulung ambal sajadah, menyemprotkan disenfektan, menyediakan sabun cuci tangan dan handsanitizer ke berbagai sudut mesjid.

Bkm Masjid Al Falaah juga menghentikan sementara waktu kegiatan keagamaan di masjid seperti ceramah agama hal ini di lakukan guna mencegah penyebaran pandemi di masjid Al Falaah ini. Tentunya dampak dari kebijkan ini membuat sebahagian jama’ah enggan untuk sholat berjama’ah di masjid. Menurut salah seorang demisioner Bkm masjid Al Falaah bahwa corona virus adalah wabah yang berbahaya apabila sudah menginfeksi manusia dan akan berakibat fatal jika tidak di tangani dengan baik.

Dan pihak masjid pun melakukan do’a tolak bala untuk menghindarkan diri dari wabah virus corona (covid-19) ini. Dan semoga Allah senantiasa melindungi jama’ah masjid dan umumnya masyarakt indonesia daripada wabah pandemi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here