Beranda AGAMA Kabag TU Sambut Studi Banding Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama Provinsi Papua

Kabag TU Sambut Studi Banding Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama Provinsi Papua

203
0

Sahabatnews.com-Medan Kepala Bagian TU Dr. H. Muhammad David Saragih, MM mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag menyambut kedatangan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Papua yang diwakili Kabag TU Kantor Kementerian Agama Provinsi Papua Drs. H. Syamsudin, MM bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama Papua beserta rombongan, Senin (29/11).

Kedatangan rombongan untuk “Studi Banding Pengembangan FKUB Provinsi Papua Tahun 2021” tersebut dihadiri oleh para Kasubag dan Kepala Bidang Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara di Ruangan Aula Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

David Saragih menuturkan ucapan terima kasih karena telah berkunjung ke Sumatera Utara. Pada kesempatan tersebut, Kabag TU pun memaparkan bagaimana kondisi kerja yang ada di Kanwil Kemenag Sumatera Utara serta cakupan wilayah kerja di Sumatera Utara, pemaparan tersebut berisikan tentang seberapa banyak jumlah Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota hingga Kantor KUA yang ada di Sumatera Utara.

Pada kegiatan ‘Studi Banding’ tersebut, David Saragih juga memperkenalkan motto Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumatera Utara yang menjadi salah satu misi pada Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara yakni “Akidah terjamin, kerukunan terjalin” begitu juga dengan salam yang digunakan yaitu “Salam kerukunan”.

Kabag TU Kementerian Agama Provinsi Papua Drs. H. Syamsudin, MM dalam kesempatan tersebut menuturkan ucapan terima kasih karena telah disambut di Kantor Kermenterian Agama Provinsi Sumatera Utara. Dalam Acara ‘Studi Banding’ tersebut, Syamsudin memaparkan bagaimana kondisi kerja serta hambatan-hambatan yang ada di Kementerian Agama Provinsi Papua. Namun sejumlah kendala tersebut tidak menghalangi keberagamaan yang ada di Papua.

“Kerukanan di Papua cukup damai, tidak ada ketersinggungan, tidak ada aksi-aksi tentang kebertentangan tentang agama.” Ujar Syamsudin.

Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama Papua PH. Pasaribu dalam kesempatan yang sama juga memaparkan hal serupa tentang kerukunan umat beragama di Papua pada saat kegiatan dialog. PH menyampaikan bahwa dalam mengusung program mutama moderasi beragama di Indonesia, seluruh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota memiliki cara-cara unik dalam mensosialisasikan program unggulan tersebut.

Dalam kegiatan ‘Studui Banding” Kasubag FKUB dan Ortala Drs. H. Ahmad Suhaimi, MA pun turut memaparkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan FKUB Sumatera Utara dalam meningkatkan kerukunan beragama serta mensosialisasikan moderasi beragama. Ahmad Suhaimi menyampaikan indikator kegiatan tersebut ditandai dengan adanya harmony award yang diberikan kepada Kota Kantor Kementerian Agama Kota Medan sebagai tanda terjaganya kerukunan umat beragama di Sumatera Utara. (Red/Hum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here