Beranda ORGANISASI M. Husein Tanjung Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua PC GP Ansor Kota...

M. Husein Tanjung Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua PC GP Ansor Kota Medan.

38
0

Sahabatnews.com-Medan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Medan masa khidmah 2017-2021 menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke – XVIII, Sabtu (20/3/2021) di PonPes Al-Kautsar Al-Akbar Medan Jln. Pelajar Ujung, Kel. Binjai, Kec. Medan Denai, Kota Medan.

Konfercab dibuka resmi oleh ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Utara (H. Adlin Umar Yusri Tambunan) yang juga seorang wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai. Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi besar terhadap GP Ansor dan Banser Kota Medan di bawah kepemimpinan Hasan Basri Tanjung ketua PC GP Ansor 2017-2021. Menurutnya GP Ansor Kota Medan ini cukup teruji kemandiriannya meski minim bantuan pemerintah, tetap mampu melaksanakan kaderisasi dan menjalankan program kerja organisasi lainnya. Ia berharap kepengurusan baru yang selanjutnya dapat meningkatkan kinerjanya.

Ditempat yang sama Hasan Basri Tanjung menjelaskan, konfercab ini bertema “Mengukuhkan Profesionalisme Organisasi, Bersinergi Membangun Bangsa” ini dimaksudkan agar Gerakan Pemuda Ansor selalu mendasarkan segenap kegiatannya pada tujuan untuk mendarmabaktikan seluruh tenaga dan pikirannya semata-mata untuk umat.

Sekretaris panitia yang juga menjabat Bendahara PC GP Ansor Kota Medan 2017-2021 (Zulfikar Lubis) menyampaikan dalam laporan nya bahwa tujuan Konfercab GP Ansor ke-18 ini adalah mengesahkan hasil tatib konferensi, mengesahkan sidang-sidang komisi yang terdiri komisi organisasi, komisi pokok-pokok program kerja dan rekomendasi, LPJ pengurus GP Ansor Kota Medan masa khidmad 2017-2021, dan pemilihan Ketua PC Ansor Kabupaten Pekalongan masa khidmad 2021-2025.

Acara pembukaan Konfercab diikuti oleh seluruh pengurus Pimpinan Anak Cabang, Ranting dan kader se Kota Medan. Dan dihadiri langsung oleh ketua PW GP Ansor Sumatera Utara (H. Adlin Tambunan), Sekretaris Wilayah (A. Kamil Lubis), Bendahara Wilayah (Edi Harahap) dan penhurus harian lainya, hadir pula dalam kegiatan tersebut wali kota Medan (Bobby Nasution) Dandim Kota Medan, Perwakilan Polrestabes Kota Medan, Kakan Kemenag Kota Medan, Sekretaris DPD KNPI Sumatera Utara, Ketua PW LP Ma’arif NU Sumatera Utara (H. Mustapid, MA) jajaran Banom NU Kota Medan dan Pengasuh ponpes Al-Kautsar Al-Akbar Kota Medan (Buya Ali Marbun).

Setelah pembukaan acara dilanjutkan arahan dan motivasi dari Walikota Medan M Bobby Nasution, “Kalau dulu, para santri itu ikut mengusir penjajah dari bumi Indonesia, sekarang saya ajak GP Ansor untuk mengusir Covid-19,” ucap Bobby seraya mengatakan, saat ini Pemko Medan pun gencar melakukan upaya mendisplinkan masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan, termasuk di tempat hiburan malam. “Penertiban ini dilakukan secara pukul rata, tanpa pandang bulu,” tambah Wali Kota.

Berkaitan dengan pemulihan perekonomian, Bobby mengajak GP Ansor untuk menjadikan masjid-masjid bukan saja sebagai tempat beribadah, namun juga sebagai daya pergerakan ekonomi. Masjid bisa jadi wadah pengembangan UMKM.

Hal senada disampaikan ketua PW LP Ma’arif NU Sumatera Utara H. Mustafid, MA, menurut nya bawa konferensi PC GP Ansor Kota Medan ini harus menjadi model konferensi dengan mekanisme musyawarah mufakat yang damai tanpa konflik. “Kalau ini berhasil maka penyelenggaraan konferensi Ansor Kota Medan ini bisa ditiru oleh cabang-cabang lain,” ungkapnya.

Begitu juga yang disampaikan oleh Buya Ali Marbun pengasuh Ponpes Al-Kautsar Al-Akbar Medan, ” Konferesi Cabang ini merupakan bagian dari demokrasi. Bahkan demokrasi tertinggi”, Beliau juga menyampaikan program yang harus digalakkan yaitu program pembangun kemandirian ekonomi. “Dengan mandiri, Ansor akan kuat dalam menjalankan organisasi. Padahal anggota Ansor se Indonesia ada 1,7 juta yang itu apabila diberdayakan ekonominya bisa untuk kemajuan organisasi,” imbuh Buya.

Acara konferensi berlangsung khidmat tanpa kendala dan di ikuti Pimpinan Anak Cabang Sekota Medan yang kemudian terpilih sahabat M. Husein Tanjung sebagai ketua PC GP Ansor Kota Medan masa khidmat 2021-2025. Sebelumnya, M. Husein Tanjung menjabat sebagai Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Medan, dan selanjut nya peraturan Organisasi GP Ansor memberi peluang kepada seorang kader yang terpilih secara aklamasi itu untuk menjadi ketua pimpinan cabang, dengan syarat ia telah ia penuhi antara lain mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) dan direkomendasikan oleh minimal 3 pimpinan anak cabang (PAC) GP Ansor. (Red/Min)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here