Home Entertainment Aktivis GENU mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi atau terlibat aktif dalam Pilkada...

Aktivis GENU mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi atau terlibat aktif dalam Pilkada Serentak 2020

470
0

Sejumlah aktivis muda NU mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi atau terlibat aktif dalam Pilkada Serentak 2020 di Kota Medan. Mereka berharap pilkada ini bisa berlangsung demokratis, tidak ada politik uang dan ujaran kebencian, terhindar dari unsur SARA, serta berjalan damai.

Demikian terungkap dalam diskusi yang digelar kelompok aktivis muda Nahdlatul Ulama, Rabu (12/8/2020).

Diskusi ini mengangkat tema “Peran Pemuda Dalam Pilkada Serentak 2020“. Turut hadir pada kesempatan ini Ketua PW GENU Sumatera Utara Surya Harapan Hasibuan, Sekretaris PW GENU Sumatera Utara Yusrizal Mehdi Fiqri, Sekretaris PC GENU Kota Medan Dody Irawan, Ketua PC GENU Asahan M Arif Lubis, Wakil Sekrearis PW GP Ansor Sumatera Utara dan Ketua Umum GENU Danil Sitorus.

Ketua PW GENU Sumatera Utara Surya Harapan Hasibuan menjelaskan kegiatan diskusi seperti ini bisa membuka wawasan tentang pentingnya partisipasi publik dalam pesta demokrasi di tengah pandemi.

Dia menilai salah satu indikator kesuksesan pesta demokrasi adalah partisipasi publik. Menuru Surya yang juga mahasiswa di Universitas Darmawangsa, jika partisipasinya rendah, kualitas legitimasinya pun rendah.

Surya memaparkan ada dua tantangan besar pada Pilkada serentak 2020. Pertama, berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pesta demokrasi. Kedua, situasi pandemi yang membuat jadwal agenda politik terhambat.

Dalam diskusi muncul juga harapan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) senantiasa menjaga netralitas sebagaimana diatur dalam perundang-undangan.

Para peserta diskusi pun menghendaki terbentuknya sinergitas dan komitmen dari para penyelenggara Pilkada serentak 2020. Aspirasi yang disampaikan aktivis GENERASI EMAS NAHDLATUL ULAMA  ini merupakan bagian dari kontrol sosial yang mewakili masyarakat.

Pemandu diskusi Dody Irawan menjelaskan salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin silaturahmi antar kader muda NU sekaligus menyadarkan kalangan mahasiswa dan kaum milenial untuk melakukan langkah-langkah strategis menghadapi Pilkada Serentak 2020 di Kota Medan.

Seperti diketahui, 23 Kabupaten/kota di Sumatera Utara akan mengelar Pilkada 2020. 23 kabupaten/kota tersebut  yang mengelar Pilkada Serentak tahap IV di Sumatera Utara tahun 2020:

1. Kota Binjai

2. Kota Medan

3. Kabupaten Serdang Bedagai

4. Kota Pematang Siantar

5. Kabupaten Simalungun

6. Kabupaten Asahan

7. Kota Tanjung Balai

8. Kabupaten Karo

9. Kabupaten Pakpak Bharat

10. Kabupaten Labuhanbatu Utara

11. Kabupaten Labuhanbatu

12. Kabupaten Labuhanbatu Selatan

13. Kabupaten Toba Samosir

14. Kabupaten Samosir

15. Kabupaten Humbang Hasundutan

16. Kota Sibolga

17. Kabupaten Mandailing Natal

18. Kabupaten Tapanuli Selatan

19. Kota Gunung Sitoli

20. Kabupaten Nias

21. Kabupaten Nias Utara

22. Kabupaten Nias Barat

23. Kabupaten Nias Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here