Beranda ORGANISASI FATAYAT NU DELI SERDANG DUKUNG PROGRAM KEMENKES DALAM PENANGGULANGAN TB DI PONDOK...

FATAYAT NU DELI SERDANG DUKUNG PROGRAM KEMENKES DALAM PENANGGULANGAN TB DI PONDOK PESANTREN

109
0

Sahabatnews.com-Deliserdang Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Deli Serdang di percaya oleh Pimpinan Pusat (PP) Fatayat NU untuk melaksanakan kegiatan fasilitasi organisasi kemasyarakatan dalam pemberdayaan masyarakat pesantren sehat untuk penanggulangan tuberkulosis 2021.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian RI dengan PP Fatayat. Dalam Kegiatan ini , Lokus peserta adalah santri putra – santri dan pendamping pondok pesantren. Salah satu pondok pesantren yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah PP Nur An Nahdly, PP Al Qomariyah, PP Saifullah An Nahdliyah dan PP Al Azhar As Syarif.

Dalam kegiatan orientasi kader sehat ini para peserta langsung di dampingi oleh puskesmas yang ada di Kecamatan Pondok Pesantren yaitu Patumbak, Puskesmas Galang, Puskesmas Bandar Khalifah, dan Puskesmas Namorambe.

Kegiatan ini langsung di isi oleh Japirman Purba S.Sos,MM. yang merupakan Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Seksi Bimdal P2 (Program TB). Dalam pemaparan nya beliau mengatakan bahwa TB masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia cakupan penemuan kasus TB perlu ditingkatkan agar seluruh pasien TB dapat diobati.

Berdasarkan Perpres No.67 Tahun 2021 penegasan kembali tentang komitmen Presiden dan Pemerintah RI untuk mensukseskan penanggulangan TBC. Perpres mengamanatkan kita untuk menggalang dukungan segenap jajaran lintas sektor dan seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung penanggulangan TBC menerapkan strategi nasional penanggulangan Tuberkulosis 2020-2024, mencapai eliminasi TBC tahun 2030.

Dalam Kesempatan ini juga hadir Narasumber dari Dinas Kesehatan Deli Serdang Bapak Zurjani, Dalam Pemaparan nya beliau menjelaskan ciri-ciri orang yang terkena penyakit TBC dan cara penanggulangan serta bagaimana pola hidup sehat di pesantren agar tidak terkena penyakit TBC.


Anggota Bidang Kesehatan PP Fatayat NU Izza Annafisa menjelaskan, melalui program ini diharapkan dapat merubah perilaku yang menjadi faktor meningkatnya kasus TBC tersebut. “PP Fatayat dan Kementerian Kesehatan akan terus memberikan pendampingan dan fasilitas kepada pesantren yang menjadi peserta program untuk mendorong perubahan perilaku tidak sehat menjadi perilaku sehat,” ungkapnya.

Di akhir acara Sekretaris PW Fatayat NU Sumatera Utara mengucapkan terimah kasih Kepada PP Fatayat NU yang telah mempercayakan 3 Daerah di Sumatera Utara yaitu Deli Serdang, Asahan dan Tapanuli Selatan untuk melaksanakan kegiatan ini, beliau juga menyampaikan kegiatan ini tidak hanya sampai pada orientasi 2 hari ini tetapi nantinya para peserta juga akan mendapatkan pendampingan tindak lanjut kegiatan dan bantuan fasilitas kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

“Kami sangat berharap para pengasuh dapat mendapat pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan santri dan lingkungan di sekitar pondok pesantren, khususnya cara meminimalisir TBC” tutupnya. (Red/No)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here