Beranda EKONOMI PW SNNU Sumut Kritik Pemerintah Terkait Keseriusan Program SUWASEMBADA Garam 2025.

PW SNNU Sumut Kritik Pemerintah Terkait Keseriusan Program SUWASEMBADA Garam 2025.

29
0

Sahabatnews.com-Medan Pimpina Wilayah Serikat Nelayan Nahdatul Ulama Sumatera Utara (PW SNNU) mempertanyakan keseriusan pemerintah tentang program swasembada garam di tahun 2025.

Negara Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang artinya luas daratan Indonesia jauh lebih sedikit di bandingkan luas lautannya, namun pakta menunjukan hingga saat ini Negara Indonesia masih perlu mengimpor garam untuk memenuhi kebutuhan industri yakni 2,6 juta ton garam per tahun.

Sehingga, garam produksi petani dalam negeri masi belum mampu diserap untuk kebutuhan industri, hanya kebutuhan rumah tangga.

Hal ini bertentangan dengan target swasembada tahun 2025, apakah ini hanya sebatas angan-angan sedangkan Indonesia masih impor 2,6 juta ton setahun?


Menurut ketua Pimpinan Wilayah Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (PW SNNU SUMUT ) Muhammad Faisal, SE ini sangat memperihatinkan karena berbanding terbalik dengan program swasembada garam tahun 2025.


“Ini adalah masalah penting dan sekaligus memperihatinkan yang kita hadapi bersama sebab kita adalah negara maritim akan tetapi kita masih impor garam dengan jumlah besar 2,6 juta ton per tahun,” ungkapnya, (Selasa, 16 Maret 2021)

Oleh karena itu, hal ini harus disikapi dengan penuh keseriusan dan bila perlu organisasinya akan mendesak presiden untuk mengubah regulasi mengenai aturan-aturan dan kebijakan yang selama ini dianggap merugikan pengusaha kecil. Karena, lanjut dia, apabila hal ini tak bisa diselesaikan target Swasembada Garam tahun 2025 hanya sebatas angan-angan.


“Jikalau Pak Presiden mengharapkan program swasembada pangan bukan hanya sebatas halusinasi belaka dan ingin masyarakat sejahtera, Pak Jokowi harus konsen dan serius membenahi aturan dan regulasinya, bukan hanya cakap-cakap saja” tutup Muhamad Faisal. (Red/Mil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here